h1

AKBP Yoyoh Indayah, Kapolres Wanita Pertama di Kuningan

27 Maret 2010

Kuningan, IB

Untuk pertama kali dalam sejarah Mapolres Kuningan dipimpin seorang wanita. Ia adalah AKBP Yoyoh Indayah, SH. M.Si., yang sejak serah terima jabatan di Mapolwil Cirebon, 13 Januari 2010, dipercaya memimpin Polres Kuningan. Ia menggantikan Kapolres lama, AKBP H. Nurullah, SH, MH yang beralih tugas menjadi Kapolres Sumedang.

Wanita kelahiran Desa Babatan Kecamatan Kadugede ini adalah putri ke empat dari lima bersaudara dari ayah Suwandi (almarhum) dan Ibu Ruhimah (almarhumah). Sebelumnya pimpinan tertinggi di Danres (komandan resort) hingga kini menjadi Kapolres Kuningan, semuanya adalah kaum adam.

Karirnya diawali dari bawah. Pangkat yang pertama diembannya yakni Serda tahun 1982, tiga tahun kemudian naik pangkat menjadi Sertu, dan tahun 1989 menjadi Serka. Setelah mengenyam pendidikan, pada 1993 ia naik pangkat menjadi perwira yakni Letda. Tahun 1997 naik menjadi Letnan Satu Polisi (Lettu Pol) dan tahun 1999 naik lagi menjadi Kapten Polisi.

Seiring karirnya yang meningkat, pangkat Yoyoh pun naik lagi mejadi Komisaris Polisi (Kompol) pada 1 Juli 2004. Empat tahun kemudian, tepatnya pada 1 Juli 2008 menjadi Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) hingga kini menduduki jabatan Kapolres Kuningan.

Karir AKBP Yoyoh meningkat dimulai sejak 1 Oktober 1991 diawali dengan menjabat Basandi tingkat I Dit IPP Polda Jabar. Seiring kenaikan pangkatnya pada 1 Oktober 1993, Ia dipercaya sebagai Panit Intel Dit IPP Polda Jabar. Selanjutnya pada 9 September 1999 Yoyoh ditugaskan di Polwil Cirebon sebagai Kasubag Prograr.

Yoyoh sempat bertugas di Polwiltabes Bandung, tapi tidak lama. Kemudian pada November 2001, kembali lagi ke Kota Udang sebagai Kapolsekta Cirebon Utara Barat Polresta Cirebon. Dua tahun kemudian, tepatnya pada 31 Maret 2003, Ia promosi menjadi Kabag Bina Mitra di Polresta Cirebon. Dan pada 11 Agustus 2005 promosi menjadi Wakil Kapolres Kuningan dengan pangkat Kompol.

Kurang dari setahun Yoyoh menjabat Wakapolres Kuningan. Ia ditugaskan sebagai Gadik di SPN Cisarua Bandung pada 15 Februari 2006. Itupun hanya sampai 13 Juni 2006 untuk kembali lagi menjadi Pamen di Polwil Cirebon. Bulan Februari 2007, Yoyoh menjadi Gadik Madya di Pusdikmin Polri, selanjutnya 28 November 2009 menjadi Pamen Polri di Polda Jabar.

Kabar baik diterima Yoyoh Indayah pada 29 Desember 2009, Ia menerima surat keputusan untuk menempati posisi baru sebagai Kapolres Kuningan menggantikan H. Nurullah, SH, MH.

Pada kesempatan berbincang-bincang dengan penulis, Ia mengutarakan yang menjadi prioritas utama dalam melaksanakan tugas sebagai Kapolres Kuningan . “Tentunya saya akan melanjutkan apa yang telah dilaksanakan oleh pendahulu saya yang telah berjalan, dan terobosan-terobosan baru diantaranya ingin meningkatkan kinerja Polri untuk membantu Pemerintah Daerah dalam rangka meningkatkan ketertiban dan keamanan di wilayah Kabupaten Kuningan. Agar pembangunan dapat berjalan dengan lancar dan bisa menyejahterakan seluruh  masyarakat di Ibukota Kabupaten Kuningan,” katanya.

Kepada IB, Ia menjelaskan akan mencoba untuk meningkatkan pelayanan yang prima kepada semua lapisan masyarakat. Adapun strategi itu dengan menerapkan sistem kekeluargaan. “Insya Allah  dengan kekeluargaan yang didasari dengan iman dan taqwa, mungkin bisa menjalankan tugas secara ikhlas, penuh rasa tanggung jawab terhadap masyarakat, bangsa dan negara juga tentunya kepada Allah SWT sebagai Maha Pencipta,” terangnya.

Ia pun berharap kehadirannya akan membawa manfaat untuk anggotanya dan masyarakat pada umumna. “Mudah-mudahan kehadiran Saya di sini bisa membawa anggota  Polri untuk lebih memaksimalkan lagi pengabdiannya kepada masyarakat Kuningan. Setidaknya bisa meminimalisir keresahan ataupun gangguan-gangguan yang bisa mengganggu ketertiban atau ketentraman warga Kuningan,” pungkasnya. (manluck)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: