h1

Momentum Politik

16 Desember 2009

Memasuki 2010, nampak nya di Jawa Barat, termasuk Kabupaten Kuningan akan menjadi era baru dengan perubahan pucuk pimpinan partai politik. Diawali dengan terpilihnya, H. Irianto MS Syafiuddin yang akrab disapa Yance mampu menjadi orang pertama dari Pantura menjadi ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat.

Kemudian akan diikuti di tingkat kabupaten dan kota. Khusus di Kabupaten Kuningan, Partai Golkar (PG) akan menghelat Musyawarah Daerah (Musda) pada akhir bulan ini. Tiga calon telah beredar di kalangan internal partai, yakni Uri Syam, SH, H. Yudi Budiana, SH, dan Drs. H. Ending Suwandi, MM. Ketiga kandidat merupakan figur yang dikenal dan diperkirakan akan mendongkrak perolehan suara PG pada masa depan.

Bila melihat dinamika interal, nampaknya peluang terbesar untuk memimpin parpol berlambang pohon beringin di Kota Kuda ini ada pada tokoh muda yakni H. Yudi Budiana. Hal itu karena dalam diri Yudi ada “tiga jiwa” yang melekat, yakni sebagai dirinya, figur Sang Ayah H. Enuy Masnui (alm) mantan ketua DPD PG Kuningan, dan sang Adik, Asep.

Kendati demikian, bukan berarti, Uri Syam sang tokoh yang dikenal vokal dan kader senior tak punya peluang. Ia, tetap berpeluang meruntuhkan dominasi klan “Enuy” kalau mempunyai fartner yang solid dan mengakar dan strategi jitunya. Sementara itu, H. Ending nampaknya akan “terbentur“ dengan aturan, karena dia dianggap orang baru di Partai Golkar, kendati dia sudah sejak jaman ABG (Abri, Birokrat, Golkar) dulu telah menjadi anggota PG. Pasalnya, Ia sendiri pensiun baru dari PNS Mei 2006 lalu, sehingga dianggap belum mencukupi lima tahun syarat menjadi ketua DPD PG.

Sementara itu di tubuh PDIP, yang akan menghelat Konfercab (konferensi cabang) 10 Januari 2010, cenderung adem ayem. Mengapa demikian? Karena figur sentral H. Acep Purnama, SH, MH yang begitu dominan dan keberhasilan selama  ini. Sehingga partai yang dulu identik dengan konflik itu, kini lebih damai. Adapun, figur lain yang mengemuka seperti Hj. Utje CH. Suganda gaungnya tidak sekeras di ekternal, di internal sendiri masih kurang. (redaksi)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: