h1

Pembuatan KTP dan KK Terpusat Diundur Hingga 1 Januari 2010

15 Oktober 2009

Kuningan, IB

Kepala Dinas kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Drs. H. Yuyun Nasrudin, M.Pd melalui Kabid Anasilis Kependukukan, Rd. Markum, SH mengatakan, pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Kelurga (KK) akan segera dilaksanakan di kantornya.

Selama ini penandatanganan dan cap stempel dinas menggunakan teknologi scenner yang tidak dibenarkan oleh Kementrian Dalam Negeri dan harus tanda tangan dan stempel basah. Namun karena dalam pelaksanaannya mendapat resistensi dari para camat, sehingga untuk sementara waktu ditunda dulu. Atas resistensi itu, kemudian Bupati Kuningan mengajukan dispensasi kepada Mendagri. Namun jawabannya tertanggal 7 September 2009 mengharuskan sesuai dengan aturan.

Menurut Perda No,. 13 Tahun 2009 tentang Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil, memang sudah secara tersurat pelaksanaan pembuatan dokumen kependudukan ada pada Disdukcapil. Sebenarnya dalam Perda itupun permohonan dan pengajuan tetap dengan methoda yang lalu, hanya perbedaannya pada tanda tangan dan cap asli, bukan hasil scenner.

Semula telah ditetapkan bahwa pelaksanaan itu pada 1 Juli 2009, namun diunda hingga 1 Januari 2010.

Pembuatan Akte Kelahiran

Dalam perda No. 13 itupun disebutkan pula, bahwa setiap kelahiran wajib dilaporkan paling lambat 60 hari kerja sejak tanggal kelahiran. Pencatatan bagi anak ke I dan II tidak dikenakan retribusi. Untuk pencatatanĀ  lebih dari 60 hari kerja sampai 1 tahun harus mendapat pesetujuan kepala Disdukcapil atau mendapat penetapan Pengadilan Negeri bagi orang asing yang tinggal tetap. Pencatatan kelahiran melebihi satu tahun setelah mendapat penetapan Pengadilan Negeri.

Namun untuk sementara, kata Kabid Catatan Sipil, Drs. M. Slamet melalui Kasi Seksi Pelayanan Pencatatan, Juarno, S.Sos mengatakan, pencatatan kelahiran untuk anak yang lahir lebih dari satu tahun tanpa penetapan dari Pengadilan Negeri hingga 1 Januari 2011. (tan)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: