h1

Bupati Aang Sawer Camat dan Kuwu Lunas PBB

15 Oktober 2009

Kramatmulya, IB

Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda, S.Sos menyawer para camat dan kuwu se-Kabupaten Kuningan yang sukses mempercepat lunas PBB (pajak bumi dan bangunan) tahun 2009. Penyerahan penghargaan dilaksanakan di RM Lembah Ciremai Desa Cibentang Kec. Kramatmulya, Selasa (15/9) lalu.

Lima belas dari 32 camat di Kabupaten Kuningan dapat reward atas PBB. Sementara, 20 orang kuwu (kepala desa) dari 361 berhak meraih prestasi yang sama.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kab. Kuningan, Drs. Didi Suhendi mengungkapkan, realisasi penerimaan PBB sektor perkotaan dan pedesaan berdasarkan target pokok sampai 31 Agustus 2009, dari target Rp. 11,3 milyar terealisasi Rp. 10,7 milyar (94,15%). Sedangkan realisasi berdasarkan SKB sebagaimana surat edaran Dirjen Pajak No. SE-3/PJ/2009 sebesar Rp. 10,1 milyar, dengan realisasi Rp. 10,7 milyar setara dengan 106,20%. Target tersebut terealisasi pada 26 Juni 2009.

Sedangkan untuk sektor pertambangan, perkebunan dan perhutanan (3P) dari target Rp. 24,4 milyar tercapai Rp. 11,9 milyar (48,82%).

Kepada mereka yang berprestasi diberikan penghargaan (reward) dengan melihat kategori target untuk kecamatan dan kelurahan/desa tingkat kabupaten. Aspek penilaian meliputi aspek percepatan 60% dan pengelolaan administrasi 40%.

Menurut Didi, sebanyak 293 desa/kelurahan mendapat penghargaan terbaik pelunasan dan pengelolaan administrasi PBB tingkat kecamatan, dari 374 desa/kelurahan di Kab. Kuningan (78,3%).

Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda mengatakan, dengan pelunasan PBB ini secara umum masyarakat Kab. Kuningan selaku wajib pajak telah memiliki kepatuhan dan rasa tanggung jawab yang tinggi dalam memenuhi kewajiban membayar PBB lebih awal, sebelum jatuh tempo pada minggu ke 4 Juni 2009.

Hasil tersebut tak lepas dari  upaya, kerja keras dan kesungguhan perangkat kecamatan dan desa/kelurahan untuk terus memacu percepatan melalui beragam pola pemungutan yang diterapkan dan didukung dengan tertib administrasi.

“Kita juga saat ini patut berbangga karena Kuningan kembali menorehkan prestasi sebagai kabupaten terbaik percepatan pelunasan dan pengelolaan adminstrasi PBB tahun 2008 tingkat Provinsi Jawa Barat. Prestasi tersebut perlu dipertahankan karena dari relasisasi PBB sebesar 64,85 merupakan hak Kabupaten Kuningan yang dapat dimanfaatkan langsung untuk menunjang pelaksanaan pembangunan dan memenuhi kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Sistem sharing (bagi hasil) PBB yang ditetapkan setiap tahun melalui Peraturan Menteri Keuangan, tambahnya, dirasakan sangat membantu keuangan daerah untuk terselenggaranya pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan. Berdasarkan UU No. 33 Tahun 2004 tentang perimbangan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dijelaskan bahwa bagi kabupaten/kota yang mampu melunasi PBB sektor perkotaan dan pedesan, akan diberikan insentif yang jumlanya diatur oleh pemerintah.

“Hingga saat ini kita sangat tergantung kepada dana perimbangan dari pusat, karena PAD (pendapatan asli daerah) jauh dari mencukupi bila dibandingkan kebutuhan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan,” ucapnya.

Sebagai gambaran, APBD 2009, rencana pendapatan daerah sebesar Rp. 848,1 milyar, berasal dari dana perimbangan sebesar Rp. 726,5 milyar (85,66%). Dari pos bagi hasil PBB, sektor 3P, pengembalaian hak pusat dan insenitf yang diteima Kab. Kuningan berdasarkan Permenkeu sebesar Rp. 39 milyar. Realisasi pendapatan tersebut tidak terlepas dari dukungan dan partisipasi masyarakat dalam memenuhi kewajiban membayar PBB. Dana tersebut telah dialokasikan untuk berbagai kegiatan dan pembangunan berdasarkan skala prioritas kebutuhan. (tan)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: