h1

Mantan Kuwu Diduga Gelapkan 7 STNK Motor Dinas Kuwu

14 Juli 2009

Cigandamekar, IB

Tujuh kepala desa (kuwu) di Kecamatan Cigandamekar kena tipu mantan kuwu berinisial RA, dengan modus memperpanjang pajak STNK (surat tanda kendaraan bermotor) motor dinas para kuwu. RA meminta STNK dan uang sejumlah Rp. 100.000 secara kolektif.

Tujuh yang menyerahkan STNK dan uang Rp. 100.000 yaitu Desa Sangkanmulya, Karangmuncang, Koreak, Jambugeulis, Bunigeulis, Timbang dan Cibuntu.

Saat dikroscek IB, Senin lalu Kuwu Koreak Madsai, Kuwu Karangmuncang Nuridin dan Kuwu Sangkanmulya Dindin Amparudin  membenarkan hal itu. Bahkan mereka selama dua bulan terakhir tak membawa STNK di setiap perjalanannya.

Kronologis

Kendaraan milik Pemda yang dipegang para kuwu, khususnya di Kecamatan Cigandamekar jatuh tempo habis pajak pada Bulan Mei 2009 lalu. Kesempatan ini dimanfaatkan RA dengan mendatangani tujuh kepala desa yang ada di kecamatan tersebut. Ia meminta dan uang untuk perpanjangannya (bayar pajak) masing-masing sebesar Rp. 100.000.

Karena merasa percaya, maka tujuh kades pun akhirnya memberikan uang yang dipintanya. Namun hingga sekarang, STNK yang bisa membuktikan telah dibayarkannya biaya untuk pajak belum diterima.

Ini memang kontrakdiksi. Padahal, kata seorang warga Desa Sangkanmulya, Tardi, Ia sendiri (RA, red) saat menjabat kuwu banyak dosanya terhadap desa. Seperti dugaan menilep dana pembangunan Gedung Serba Guna yang tidak digunakan sebagaimana mestinya. Informasi terakhir, 10 dum truk pun belum dibayar oleh pelaku.

“Bayangkan saja dana bantuan provinsi sebesar Rp. 25 juta hanya dibelikan 10 dum truk pasir. Sedangkan sisanya hingga sekarang tidak jelas juntrungannya,” ungkapnya. (dad)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: