h1

SMA Kosgoro Kuningan Raih Medali Terbanyak POPKAB

23 Juni 2009

Kuningan, IB

SMA Kosgoro Kuningan yang beralamat di Jalan Aruji Kartawinata Kuningan ternyata mampu berprestasi di bidang olahraga dan bidang seni. Salah satu prestasi teranyar yakni menjadi peraih terbanyak Popkab 2009 komponen SMA.

Pada  Popkab 16-21 Mei 2009 itu, SMA Kosgoro meraih tujuh medali emas. Enam medali emas dan dua perak dari cabang olahraga Pencak Silat, dan satu emas dari Karate.

Pesilat Andi Nugraha meraih dua medali emas dari kelas B (putra) dan tunggal rampak regu (TGR). Nita Marhani merebut medali emas (kelas D/pi),  Ega Erlangga (E/pa), Iqbal Haerul Amin (H/pa), dan dua perak dipersembahkan Agung Nugraha (I/pa), dan Nina Karlina (F/pi). Sedangkan medali emas Karate disabet oleh Milda (tunggal/pi).

Kepala SMA Kosgoro, Endang Kandar, M.Pd mengaku bangga atas prestasi yang diraih anak didiknya. “Prestasi sebagai peraih medali terbanyak sangat membanggakan kami. Sayang-nya Dinas Pendidikan tidak mengumumkan siapa juara umumnya, ”kata Endang Kandar, di Kantornya, Kamis (28/5).

Kosgoro Penghargaan.tifSMA Memprihatinkan

SMA swasta tertua (berdiri tahun 1976) di Kota Kuda ini banyak meraih prestasi baik akademis, maupun non akademis. Namun seiring adanya perubahan kebijakan dari Depdiknas dan Pemkab Kuningan yang menggulirkan kabupaten vocation, sekolah ini mengalami penurunan siswa baru.

Sebenarnya, kalau dilihat rasio melanjutkan dari SMP ke sekolah menengah (SMA, SMK, MA) jumlahnya baru mencapai 60%. Hal itu diketahui saat bursa PSB (penerimaan siswa baru) tahun 2008/2009 lalu, dari 14.000 lulusan SMP, yang melanjutkan sekira 8.000 orang (57,14%), sehingga masih banyak siswa yang tidak melanjutkan.

Mengapa terjadi penurunan minat melanjutkan ke SMA ? Ia  menduga ada beberapa faktor penyebab turunnya angka melanjutkan ke SMA negeriatau swasta. Pertama, karena gencarnya program sekolah menengah kejuruan (SMK) belakangan ini termasuk oleh Mendiknas Bambang Sudibyo. Kedua, adanya program Kabupaten Vocation, secara perlahan akan mematikan secara SMA. Ketiga, daya tampung di SMK terus bertambah dan tidak ada upaya pembatas-an. “Kalau ini terus dibiarkan, lambat laun SMA swasta akan gulung tikar. Terbukti saat ini sekolah swasta di Kabupaten Kuningan dapat dihitung dengan jari,” ungkapnya.

Padahal acuan untuk pembatasan siswa di sekolah standar nasional sudah jelas diatur dalam Permendiknas No. 41/2005. Didalamnya, secara jelas disebutkan jumlah siswa setiap rombongan belajar (rombel) dibatasi hanya 32 siswa. Namun dalam prakteknya saat ini mencapai 40 siswa/rombel.

Menurut Endang Kandar, ada dua solusi bila pemerintah punya good will (itikad baik) untuk mempertahankan eksistensi SMA swasta, diantaranya Pemda Kuningan mencanangkan program rintisan Wajardiknas 12 tahun dan pembatasan ruang belajar di SMA/SMK negeri. “Kalau ini tidak dilakukan, bukan sebuah keniscayaan apabila SMA swasta, termasuk SMA Kosgoro  akan lebih cepat gulung tikar,” paparnya.

Padahal, berbagai upaya telah dilakukan, diantaranya kelengkapan ruang belajar, sarana penunjang seperti lab. komputer, lab. multimedia dan internet. Untuk teknologi IT, bisa disebutkan sekolahnya memiliki fasilitas lebih lebih canggih dari sekolah lainnya. Belum lagi, kegiatan ekstrakurikuler yang telah menorehkan prestasi, seperti pencak silat, karate, dan volli ball. Sarana lainnya, UKS, koperasi, serta ketersediaan peralatan drum band dan marching band yang sudah terkenal sejak lama.

Dalam situasi ekonomi masyarakat yang serba sulit saat ini, SMA Kosgoro Kuningan memberikan bantuan keuangan kepada para siswa baru. Bantuan  berupa dana pendidikan sebesar 50% baik itu Dana Sumbangan Pendidikan (DSP) dan SPP bulanan.

Terhadap atlet berprestasi, Ia meminta agar Pemkab dan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kab. Kuningan memperhatikannya. Jangan sampai karena alasan pekerjaan mereka malah hengkang ke daerah lain, seperti Heni yang hijrah ke Majalengka, dan seorang atlet panjat tebing pindah ke Kaltim. (tan)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: