h1

Curah Hujan Menurun, Suhu Politik Meningkat

11 Maret 2009

andi-gani-taufik-2tifSebulan lagi Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) akan digelar tepatnya pada 9 April mendatang. Sudah dapat dipastikan saat ini konstalasi politik kian memanas, hal ini berbanding terbalik dengan curah hujan yang kian menurun.

Mulai Maret ini, persaingan antar partai politik (parpol) dan para calon legislatif berada pada level tertinggi. Hal itu terlihat dari semakin intensifnya para caleg melakukan kunjungan kepada konstituennya.

Begitu pula pemasangan alat peraga kampanye seperti bendera partai, baliho, stiker dan spanduk hampir memenuhi setiap ruas jalan dan tempat strategis. Kibaran bendera besar dan kecil sudah menyebar mulai dari jalan protokol hingga jalan di pelosok pedesaan. Berdasarkan pantauan IB, saat ini kibaran bendera yang terbanyak terpampang berasal dari Partai Demokrat.

Banyaknya bendera dan baliho dari caleg Partai Demokrat sangat masuk akal, karena disokong oleh sang incumbent Presiden RI, DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Berikutnya PDI Perjuangan, Partai Golkar, dan partai lainnya.

Persaingan di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat X yang meliputi Kabupaten Kuningan, Ciamis dan Kota Banjar nampaknya tidak akan terjadi perubahan yang signifikan dibanding hasil Pemilu Legislatif 2004 lalu. Hasil Pemilu lalu, diraih oleh PDI-P dua kursi, Partai Golkar satu kursi, dan PKS satu kursi.

Prakiraan IB, persaingan tetap akan terjadi antara caleg PDI Perjuangan dan Partai Golkar. Dua partai ini tetap akan meraih dua kursi, disusul Partai Demokrat satu kursi. Sementara jatah satu sisa kursi di Dapil X ini akan diperebutkan caleg dari PKS, PAN, PKB dan partai lainnya.

Caleg dari PDIP yang diunggulkan untuk mendulang suara terbanyak diantaranya Andi Gani Nena Wea SH (nomor urut 3), Drs. H. Eka Santosa (No. 5) dan Puti Guntur Soekarno, S.Si. (No. 2). Sementara dari Partai Golkar, muncul tiga nama beken yakni Drs. H. Agun Gunanjar Sudarsa, MM (No. 4), disusul H. Yusuf Sukardi, SE, MM. (No. 2) dan Drs. Agus Gurlaya Sasmita, MM (No. 1).

Salah satu Caleg yang sering turun menemui konstituens dan mengadakan berbagai event adalah Andi Gani Nena Wea, SH, seorang caleg dari PDI-P nomor urut 3 yang merupkan pituin keturunan Desa Haurkuning Kecamatan Nusaherang. Putra mantan Menakertrans ini dalam dua pekan terakhir telah menghadirkan Bintang Bulutangkis Dunia, Taufik Hidayat di GOR Ewangga pada Sabtu (21/2), dan Pecatur top Grand Master Super (GM Super) Utut Adianto. GM Super Utut Adianto melakukan pertarungan simultan dengan 80 pecatur lokal se wilayah III Cirebon, dan esoknya memberikan coach clenic di Kantor BPC Gapensi Kuningan bagi 20 pecatur Kuningan.

Panasnya persaingan diakui oleh Andi Gani Nena Wea. “Bulan ini memang merupakan waktu yang paling panas dalam merebut simpati konstituen. Apalagi masa kampanye terbuka akan digelar pada akhir bulan ini,” terang Andi Gandi saat ditemui IB disela-sela pertarungan simultan antara GM Utut Adianto dengan 80 pecatur lokal.

Sebelumnya IB, sempat pula memantau acara sosialisasi yang dilakukan oleh Caleg Partai Golkar Nomor Urut 4, Drs. Agun Gunanjar Sudarsa, M.Si di RM Lembah Ciremai. Agun pada kesempatan itu mengharapkan agar rakyat menggunakan hak pilihnya secara cerdas. “Pemilu 2009 merupakan pemilu yang paling demokratis dengan sistem suara terbanyak. Untuk itu mari kita wujudkan demokrasi yang sebenarnya,” ungkap Agun.

Sementara, saat Caleg Partai Golkar Yusuf Sukardi, SE, MM akan sosialisai di Gedung Serba Guna Desa Cibeureum Kec. Cibeureum sempat terjadi beda paham. Ia ditolak oleh Panwascam Cibeureum untuk tidak melaksanakan sosialisasi di gedung milik pemerintah desa itu karena melanggar aturan. “Saya berpedoman bahwa gedung milik pemerintah, sekolah dan tempat peribadatan tidak diperkenankan untuk kampanye,” terang Ading anggota Panwascam Cibeureum.

Namun akhirnya pertemuan antara Yusuf Sukardi dengan para kadernya bisa juga dilaksanakan dengan difasilitasi DPD Partai Golkar Kab. Kuningan. (tan)

Iklan

One comment

  1. Inna lillahi wa inna illaihi rajiun, Pak Yusuf (caleg dari Golkar) telah pulang ke Rahmatullah pada hari jumat 27/03-2009 pukul 03.20 di RS Islam El-Syifa Kuningan, saya selaku orang terdekat beliau, meyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Kuningan, dan menyampaikan terima kasih atas segala kebaikan warga Kuningan kepada Beliau. Semoga baik pak Yusuf maupun kita senantiasa mendapat ridho dan magfirah-Nya. Amiiin



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: