h1

Dirjen PMD Coret 14 Kecamatan PNPM

12 Oktober 2010

Kuningan, IB

Direktorat Jenderal (Dirjen) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kementrian Dalam Negeri mencoret 14 kecamatan penerima PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat). Pencoretan itu karena Pemkab Kuningan tak mampu menyediakan dana co-sharing yang besarnya Rp. 7,9 juta.

Dalam suratnya Dirjen PMD, A. Djubaedi tertanggal 29 September itu, disebutkan 14 dicoret alokasi dana bantuannya. Ke 14 kecamatan itu meliputi Ciniru, Ciwaru, Luragung, Lebakwangi, Garawangi, Ciawigebang, Cidahu dan Jalaksana. Juga, Kecamatan Japara, Cimahi, Cilebak. Hantara, Darma dan Subang.

Menanggapi hal itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Kab. Kuningan, Drs. H. Kamil G. Permadi, MM ketika dikonfirmasi, menjawab singkat melaui SMS-nya. “Keputusan pencoretan itu belum final,” ucap Kamil.

Buntut pencabutan itu, pada Rabu (14/10) sekira 50 warga dari Kecamatan Ciniru mendatangi gedung DPRD Kuningan. Mereka menuntut agar dana co-sharing sebesar Rp. 4 miliar segera dimasukan dalam APBD Perubahan 2010.

Kepala Desa Cijemit Yaya Cahyadi, Kades Cipedes Kec. Ciniru, A. Rusdiana, S.IP  dan Dani Nuryadin dari Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD) tampil sebagai juru bicara aksi.

“Ini ironi masa untuk kepentingan 100 ribu warga tidak diperjuangkan. Ini demi pembangunan Kuningan dan tidak mengganggu anggaran. Kini masyarakat resah, dan Saya selaku Kades berhadapan langsung dengan masyarakat. Kalau dewan sih enak duduk di sini,” ucap A. Rusdiana.

Jawaban Kepala BAPEDA, Drs. H. Yosef Setiawan, M.Si didampingi Wakil Ketua DPRD, H. Yudi Budiana, SH., cenderung ngambang dan tidak pasti. Ia mengaku tidak bisa menganggarkan dana co-sharing untuk PNPM secepatnya dengan dalih APBD Kuningan minim. “Masih banyak kegiatan lainnya yang harus didanai dari APBD yang juga pro rakyat. Sehingga baru akan dimasukkan dalam APBD 2011 bersamaan dengan dana PNPM 2011,” terang dia.

Jawaban Yosef terkesan bertolak-belakang dengan jawaban Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda yang ditanya IB seusai menerima silaturahmi Danrem 063/SGJ yang baru Kol. Inf. Rochiman. Ia meminta agar masyarakat tetap tetang karena akan berupaya keras mencari sumber dana dengan memangkas anggaran yang lain.

“Saya akan berupaya keras mencari sumber dana untuk memenuhi kewajiban dana co-sharing itu,” ungkap Aang didampingi Ketua DPRD Kab. Kuningan, H. Acep Purnama, SH, MH, di halaman Kantor Bupati Kuningan, Rabu (6/10).

Ucapan orang nomor satu di Kuningan itupun terbukti, dengan masuknya dana co-sharing PNPM sebesar Rp. 4,2 miliar pada APBD Perubahan 2010. (tan)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: