h1

Ormas dan LSM Didata Ulang

7 Mei 2010

Kuningan, IB

Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Kuningan melakukan pemutakhiran data bagi organisasi kemasyarakatan (Ormas) dan lembaga swadaya masyarakat (LSM), serta partai politik.

Kepala Badan Kebangpol Linmas Kab. Kuningan, H. Yeddy Candra, SH, MH mengatakan, ada 18 persyaratan yang harus dipenuhi Ormas dan LSM untuk didaftar di lembaganya. Hal itu mengacu pada surat Mendagri Nomor 220/1980.DIII tertanggal 27 November 2007 yang ditandatangani Dirjen Kesbangpol, DR. Ir. Sudarsono H, MA, SH.

Bahwa berdasarkan ketentuan UU No. 8 tahun 1985 tentang Organisasi Kemasyarakatan, dan Peraturan Pemerintah (PP) No. 18 tahun 1986, untuk mendapatkan SKT (surat keterangan terdaftar) harus melampirkan akta notaris/akta pendidiran yang dilegalisir oleh notaris, anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, program kerja jangka panjang dan jangka pendek, susunan pengurus, biodata pengurus dan KTP, NPWP organisasi, surat keterangan domisili dari lurah atau kepala desa, surat keterangan kontrak/ijin, serta papan nama berwarna yang memuat alamat dan lambang organisasi.

Yang menjadi latar belakang karena kesulitan menyusun data base Ormas yang valid, serta dalam rangka tertib administrasi.

Sedangkan yayasan tidak didaftar di Depdagri melainkan di Departemen Hukum dan HAM berdasarkan UU No. 16 tahun 2001 tetang Yayasan. Untuk waktunya diupayakan paling akhir tahun 2010 ini. (tan)

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: